Materi
yang disajaikan pun bervariasi, maklum belum ada aturan yang baku seperti
Silabus,RPP dan Kurikulum yang membahas mata pelajaran TIK
untuk SD/MI dari PUSKUR. Biasanya materi diawali dengan pengenalan TIK
itu sendiri, Jenis-jenis perangkat teknologi yang masuk dalam kategori TIK,
sampai masuk dalam perangkat komputer yang menjadi tujuan utama pembelajaran TIK
di SD/MI.Sedikit pengetahuan tentang Hardware (perangkat keras) dan Software
(perangkat lunak) komputer
dan fungsinya, serta cara pengoprasian komputer
itu sendiri. Khusus untuk software materi yang diberikan adalah ketrampilan
untuk menggambar dengan paint dan Software pengolah kata Microsoft Word,
Excell, Corel, Page maker, adobe photoshop dsb. Ya mungkin hanya sedikit sekali
sekedar untuk menggenal saja. Karena dijenjang sekolah berikutnya pun materi TIK
yang diberikan hampir sama dengan materi TIK
di SD/MI cuma lebih detail dan mendalam.
Salah
satu yang menjadi kendala dalam pembelajaran TIK
di SD/MI adalah istilah-istilah dalam komputer yang menggunakan Bahasa Inggris,
di butuhkan tenaga ekstra untuk menerangkan kepada siswa sehingga siswa
benar-benar paham dengan materi yang diberikan. Solusi lain dengan cara lebih
banyak memberikan latihan-latihan pada siswa dari pada teori, 30% teori 70%
praktek mungkin ini adalah perbandingan yang bagus. Dengan banyaknya latihan
siswa akan menjadi terbiasa dan hafal.
Sudah
sepatutnya kita juga memikirkan masa depan anak-anak kita dengan membekali Ilmu
pengetahuan yang mumpuni, karna di tangan merekalah Nasib Bangsa kita
dipertaruhkan.
+ comments + 1 comments
Apiik
Posting Komentar